Islam Menurut Paham Muhammadiyah

 
Islam menurut maham Muhammadiyah disampaikan Ketua PDM Kabupaten Gresik Taufiqullah Ahmadi MPd, Sabtu (24/10/20).

Dr Taufiqullah Ahmadi MPd saat memberikan pengajian Iftitah (Tangkapan layar Ulyatun Nikmah/PWMU.CO)

PWMU.CO – Islam Menurut Paham Muhammadiyah disampaikan Ketua PDM Kabupaten Gresik Dr Taufiqullah MPd, dalam Penguatan Ideologi Muhammadiyah yang digelar Majelis Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) GKB Gresik, Sabtu (24/10/20). 

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Gresik itu menyampaikan paham Islam menurut Muhammadiyah.

“Secara etimologi, Islam artinya damai, selamat, dan berserah diri. Sedangkan secara terminologi arti Islam menurut Muhammadiyah ada dua yaitu Islam umum dan khusus,” terangnya

Dalam kegiatan secara virtual yang diikuti guru dan karyawan sekolah Muhammadiyah GKB Gresik, SD Muhammadiyah 1 GKB Gresik, SD Muhammadiyah 2 GKB GresikSMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik, dan SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik serta sekolah mitra, Taufiqullah memaparkan Islam secara umum artinya syariat Allah yang diturunkan pada para nabi. Kemudian para nabi menjelaskan syariat Allah pada umatnya untuk memperbaiki kehidupan manusia agar lebih baik.

Sedangkan pengertian Islam secara khusus, lanjutnya, artinya Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad yang berisi perintah dan larangan dengan tujuan memperbaiki hidup manusia.

“Oleh karena itu, kita semua perlu menguatkan pemahaman Islam berdasarkan Islam Muhammadiyah, Islam yang bersumber dari al-Quran dan as-Sunnah yang bisa diterapkan di semua aspek kehidupan,” tambahnya. 

Tujuh Karakter Islam Muhammadiyah

Taufiqullah mengungkapkan, ada tujuh karakter Islam Muhammadiyah yang bisa diterapkan di semua aspek kehidupan. Pertama, Islam secara utuh yang artinya berislam itu tidak hanya ritual saja tapi harus diimplementasikan secara utuh di seluruh aspek kehidupan.

“Kedua adalah Islam yang washatiyah, artinya umat Islam harus bisa (di tengah-tengah dan) menjadi teladan bagi umat yang lain,” ujarnya.  

Ketiga, sambungnya, Islam berkemajuan. Artinya umat Islam harus menerapkan karakter yang berkemajuan seperti menghargai waktu. waktu jauh lebih bahaya daripada kematian. Jika kematian meninggalkan dunia, waktu justru meninggalkan dunia dan akhirat.

Keempat, Islam yang  selalu mengembangkan ilmu pengetahuan. Maksudnya umat Islam tidak boleh berhenti belajar untuk memgembangkan ilmu pengetahuan agar berkompeten di bidangnya masing-masing.

Kelima, selalu berorientasi pada masa depan. Menurutnyam, umat Islam tidak boleh sibuk membahas masa lalu, tapi harus berpikir ke depan. Keenam, melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. “Umat Islam tidak boleh berdiam diri, setiap harinya harus berubah ke arah yang lebih baik dari sebelumnya,” ujarnya.

Ketujuh, Islam yang rahmatan lil alamin. Artinya Islam sebagai agama yang membawa rahmat dan kesejahteraan bagi seluruh alam semesta. Dengan Islam yang rahmatan lil alamin kita dianjurkan untuk saling memberi dan mengasihi pada sesama makhluk Allah.

“Tujuh karakter Islam Muhammadiyah tadi harus bisa diterapkan umat Islam di semua aspek kehidupan untuk kehidupan yang lebih baik,” tegasnya

Update dan Upgrade Kompetensi

Pada kesempatan yang sama, Ketua Majelis Dikdasmen PCM GKB Gresik Nanang Sutedja SE MM berpesan pada seluruh peserta untuk selalu update dan upgrade kompetensi di masing-masing sekolah. Agar sesuai dengan yang diharapkan persyarikatan Muhammadiyah.

“Sekolah Muhammadiyah GKB berkembang sampai saat ini karena terus melakukan update dan upgrade di semua bidang,” ujarnya.

Nanang menjelaskan kegiatan Penguatan Ideologi Muhammadiyah yang diadakan secara rutin melalui virtual ini juga merupakan bentuk dalam menjaga keteguhan dan spirit di persyarikatan. (*)

https://pwmu.co/166069/10/24/islam-menurut-paham-muhammadiyah/

Penulis Ririn Masfaridah. 

Co-Editor IchwanArif.

Editor Mohammad Nurfatoni.