Juara Lomba Menyanyi Lagu Kemerdekaan Mugeb School

Ini juara Lomba Lagu Kemerdekaan Mugeb School yang diumumkan secara online setelah upacara bendera memperingari HUT RI ke-75 secara virtual, Senin (17/8/20).

PWMU.CO – Juara lomba menyanyi lagu kemerdekaan Mugeb School yang diumumkan secara online setelah upacara bendera memperingati HUT Ke-75 RI secara virtual, Senin (17/8/20).

Empat sekolah Muhammadiyah GKB Gresik yang terdiri dari SD Muhammadiyah 1 GKB, SD Muhammadiyah 2 GKB, SMP Muhammadiyah 12 GKB dan SMA Muhammadiyah 10 GKB lewat Tim Sinergi Kesiswaan secara serentak menggelar lomba menyanyi lagu tema kemerdekaan online lewat aplikasi Instagram, Senin-Sabtu (10-15/08/2020).

“Ketentuan lomba menyanyi lagu tema kemerdekaan secara online ini dibagi menjadi tiga kategori. Junior A untuk siswa kelas I-III SD, junior B untuk siswa kelas IV-VI SD dan teenage (remaja) untuk siswa SMP dan SMA,” jelas Rifan Al Fikri SPd, koordinator lomba kategori teenage.

Kepada PWMU.CO, Fikri mengatakan lomba menyanyi lagu tema kemerdekaan secara online ini bisa menjadi alternatif untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia walaupun siswa sedang di rumah saja dan pastinya sering mengakses media sosial.

“Video dari lomba menyanyi ini diunggah di media sosial Instagram via IGTV dengan menandai akun instagram para juri dan juga siswa memberi hastag,” tambahnya.

Guru Seni Budaya SMA Muhammadiyah 10 GKB ini ini pun cukup senang dan bangga karena karya dari siswa-siswi yang mengikuti lomba menyanyi online tersebut sangat kreatif dan variatif. Pasalnya, lanjutnya, peserta dari lomba ini dengan totalitas membawakan lagunya.

“Musik yang dipakai peserta ini ada yang karaoke ada juga yang live music. Ada yang rekaman di studio, di rumah bahkan ada yang sampai membuat video clip,” ujarnya.

Penilaian Aspek Vokal

Sementara itu, juri dari lomba menyanyi online Nur Silfianah SPd menjelaskan ada beberapa aspek penilaian yang harus dicapai oleh peserta.

“Penilaian lomba ini mencakup kejelasan vokal, penampilan (kostum dan koreografi), penghayatan, dan harmonisasi antara suara dan musik,” ujar guru Bahasa Inggris SD Muhammadiyah 2 GKB itu, kepada PWMU.CO lewat WhatsApp.

Karina Athandini, siswi SMP Muhammadiyah 12 GKB (Spemdalas) dinyatakan sebagai juara I. Karin, panggilan akrabnya, mengaku senang saat namanya disebut sebagai pemenang.

“Alhamdulillah, saya senang tapi kaget juga. Saya niatnya cuma ingin nambah pengalaman dan ingin mengukur kualitas suara saya di mata orang-orang,” tuturnya.  

Dia mengaku sudah senang bernyanyi sejak kelas II SD. “Saya bersyukur, namun tidak merasa puas diri. Di video saya nyanyi itu masih ada kurangnya, seperti ada nada yang kurang sesuai dan takut narik suaranya. Ke depan saya akan selalu berlatih dan berlatih nyanyi lagi,” kata alumni SD Muhammadiyah 1 GKB ini.

Berikut daftar pemenang dari lomba menyanyi lagu kebangsaan kategori teenage:

1. Juara I Karina Athandini (Kelas VII ICP 2 SMPM 12 GKB)

2. Juara II Nadine Agatafreya (Kelas VIII ICP SMPM 12 GKB)

3. Juara III Wulan Ramadhani Cahya Rizqi (Kelas XI MIA 3 SMAM 10 GKB)

4. Juara Harapan I Qonita Zakiyah (Kelas VIII A SMPM 12 GKB)

5. Juara Harapan II Muhammad Zaidan Rizqy Alvinnorea (Kelas VII ICP 1 SMPM 12 GKB)

6. Juara Harapan III Wynona Arda Silmikaffah (Kelas XII MIA 1 SMAM 10 GKB)

Selamat untuk para pemenang! (*)

Penulis Novania Wulandari. Co-Editor Ichwan Arif. Editor Mohammad Nurfatoni.

Juara Lomba Menyanyi Lagu Kemerdekaan Mugeb School