Kompetisi KTI Smamio Latih 4 Hal Ini

Peserta Kompetisi KTI siswa Smamio saat mengikuti Pengumuman Final Class Research and Education Award via Zoom (Istimewa/PWMU.CO)

Peserta Kompetisi KTI siswa Smamio saat mengikuti Pengumuman Final Class Research and Education Award via Zoom (Istimewa/PWMU.CO)

PWMU.CO – Kompetisi KTI Smamio melatih kepekaan sosial dan berpikir kritis disampaikan Koordinator Literasi dan Pelatihan Nanik Rahmawati Fuadah MSi, Jumat (12/6/20).

Dalam kegiatan Final Class Research and Education Awards, siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 10 GKB (Smamio) Gresik secara tim adu karya tulis ilmiah (KTI).

Nanik Rahmawati Fuadah menyampaikan ada emat tujuan dalam Program Final Class Research and Education. Pertama untuk melatih kepekaan siswa terhadap kondisi dan permasalahan yang ada disekitar.

Kedua, melatih berpikir kritis dan mencari solusi atas kondisi dan permasalahan yang ada sekitarnya. Ketiga, menerapkan ilmu yang telah diperoleh di kelas melalui penelitian sederhana.

Keempat, melatih siswa mengungkapkan gagasan dan hasil penelitian mereka dalam bentuk tulisan sebagai bentuk pengembangan literasi dan pendidikan.

“Kami berharap dengan terbiasanya siswa dalam menulis karya tulis ilmiah sejak SMA, siswa melatih diri dalam membuat karya tulis ilmiah dan siap mengikuti kompetisi karya ilmiah,” ujarnya.

Nanti, sambungnya, saat di kampus impian siswa tidak mengalami kesulitan dalam penulisan karya ilmiah karena sudah dibekali sejak duduk di bangku SMA.

Bimbingan Guru secara Online

Program final Class Research and Education yang diikuti siswa kelas X dan kelas XI ini tidak lepas dari semangat siswa dan guru pembimbing dalam menulis karya ilmiah.

Aulia Nabila kelas XI MIA 1 mengaku mendapat bimbingan dari gurunya secara virtual saat proses sampai menyelesaika KTA.

“Program ini sangat bermanfaat, melalui karya tulis ini saya bisa menuangkan ide dan gagasan saya terkait Covid-19,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, selain itu secara tidak langsung dia dan teman-temannya belajar melakukan riset penelitian lebih awal sebelum nanti mengenal tugas akhir kuliah seperti skripsi. Ini bisa jadi bekal untuk ke depan.

Waka Bidang Pengembangan Pendidikan Jamilah SSi menyampaikan ini menjadi program tahunan bagi seluruh siswa Smamio agar siswa terlatih dalam menulis dan mengikuti kompetisi karya ilmiah.

“Bisa karena biasa. itu yang kita sampaikan pada siswa-siswi kita,” ujarnya.

Seperti diketahui, dalam kompetisi ilmiah, siswa Smamio berhasil meraih silver medal dalam online Science Project Competition. Prestasi ini yang menjadikan siswa tersebut berhasil mewakili Indonesia mengikuti kompetisi online internasional pada acara World Invention and Exhibition (WICE) 2020. (*)

Penulis Ririn Masfaridah. Co-Editor Ichwan Arif. Editor Mohammad Nurfatoni.

 

Selengkapnya : https://pwmu.co/151874/06/15/kompetisi-kti-smamio-latih-4-hal-ini/