Lomba Kebersihan, 5 Ruang Ini yang Dinilai

 Lomba kebersihan Mugeb Schools secara online untuk memperingati HUT RI ke-75 5 ruang yang dinilai, mulai halaman, ruang tamu, kamar, dapur, dan toilet.

PWMU.CO – Lomba kebersihan Mugeb Schools secara online untuk memperingati HUT ke-75 RI, lima ruang yang dinilai, yaitu halaman, ruang tamu, kamar, dapur, dan toilet.

Sekolah Muhammadiyah GKB Gresik (Mugeb School) mengadakan lomba kebersihan ini dilaksanakan Senin-Sabtu (10-15/8/20) untuk siswa 4 sekolah Muhammadiyah GKB Gresik, SD Muhammadiyah 1 GKB GresikSD Muhammadiyah 2 GKB Gresik, SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik, dan SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik.

Koordinator lomba kebersihan rumah Teri Angria Putri Perdana SSi kepada PWMU.CO melalui pesan Whatsapp, Sabtu (15/8/20) mengatakan lomba kebersihan rumah secara online ini merupakan salah satu wujud semangat bangsa dalam memperingati hari kemerdekaan di masa pandemi serta meningkatkan kemahiran hidup (life skill) siswa dalam menjaga kebersihan di lingkungan sekitarnya.

“Lomba kebersihan rumah secara online ini bertujuan untuk menggalakkan hidup sehat di kalangan siswa. Ada tiga kategori dalam ketentuan lomba, Junior A untuk siswa kelas 1-3 SD, junior B untuk siswa kelas 4-6 SD dan teenage (remaja) untuk siswa SMP dan SMA,” ujarnya.

Dia menjelaskan lima ruang di rumah menjadi penilaian dewan juri. Setiap peserta lomba mengirimkan foto atau video lima ruangan rumah tersebut. Mekanisme penilaian, sambungnya, dilakukan dengan memberikan kriteria penilaian tertentu dari masing-masing ruangan. Beberapa di antaranya meliputi kerapian, sirkulasi udara, dan keanekaragaman tanaman di rumah.

Sarana Belajar Dunia Fotografi

Teri mengungkapkan pengumuman para juara dalam lomba ini dilakukan secara online setelah upacara bendera HUT ke-75 RI virtual, Senin (17/8/20).  

Nadiyah Salma R, siswi kelas VII International Class Program (ICP) 1 SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik memperoleh skor tertinggi 920 dinobatkan sebagai juara I.

“Lomba ini sangat menarik karena di masa pandemi ini kita memerlukan aktivitas untuk menghilangkan kebosanan, selain itu kegiatan ini juga dapat menjadi sarana belajar dalam dunia fotografi,” katanya melalui pesan WhatsApp, Selasa (18/8/20).

Nadiya juga berpesan pada seluruh siswa siswi Mugeb Schools agar selalu menjaga kebersihan lingkungan, dimulai dari lingkungan terdekat kita yaitu rumah.

“Mari kita selalu menjaga kebersihan rumah kita karena hidup sehat berawal dari rumah yang bersih,” tegasnya.

Berikut para pemenang lomba kebersihan rumah kategori teenage:

1. Juara I Nadiyah Salmaa R (Kelas VII ICP 1 SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik)

2. Juara II Chelsea Putri (Kelas VIII ICP SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik)

3. Juara III Rizkia Sekar Devi (Kelas VII ICP 2 SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik)

4. Juara Harapan I Aisyah Musaffa (Kelas X IIS 1 SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik)

5. Juara Harapan II M. Akhtar Alfaritzi (Kelas VIIIE SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik)

6. Juara Harapan III Dinara Safira (Kelas XI MIA 1 SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik)

Selamat untuk para pemenang!

Penulis Ririn Masfaridah. Co-Editor Ichwan Arif. Editor Mohammad Nurfatoni.

https://pwmu.co/158990/08/19/lomba-kebersihan-5-ruang-ini-yang-dinilai/