Menyemai Prestasi dari Inspiration Class Smamio

Gedung SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik (Istimewa/PWMU.CO)

Menyemai Prestasi dari Inspiration Class Smamio adalah karya Ririn Masfaridah, juara III tugas praktik Pelatihan Jurnalistik Softnews: Menulis Fakta Rasa Sastra.

 

PWMU.CO – Waktu menunjukkan pukul 13.00 WIB. Beberapa guru memasuki ruang-ruang yang berbeda. Sejurus kemudian mereka mengaktifkan perangkat IT seperti komputer dan kamera.

Seperti dilakukan Risa Akbar Fitria SPd di salah satu ruang kelas virtual. Setelah layar komputernya menyala, beberapa menit kemudian terlihat wajah-wajah siswa muncul dari aplikasi Zoom Clouds Meeting.

Tidak lama kemudian powerpoint dan video tentang kesehatan lingkungan muncul di layar saat Risa menyampaikan pentingnya kesehatan lingkungan di IC Healthy Class.

“Kesehatan lingkungan sangat penting dipelajari karena memiliki tujuan untuk melakukan koreksi, memodifikasi terjadinya bahaya dari lingkungan terhadap kesehatan serta kesejahteraan hidup manusia,” Risa menerangkan.

Selain itu, sambungnya, sebagai upaya pencegahan untuk mengefisienkan pengaturan berbagai sumber lingkungan dalam meningkatkan kesehatan dan juga kesejahteraan hidup manusia serta untuk menghindarkan dari bahaya penyakit.

Sementara itu di lobby lantai satu—sebelah selatan gedung Smamio—terlihat seorang guru sedang menyiapkan peralatan masak dan kamera. Setelah semuanya on, dia menyapa siswanya dari kamera, dengan begitu ramah.

Ketika menyampaikan materi, tangannya tampak lihai memainkan teflon. Para siswa yang mengikuti lewat layar Zoom ikut mempraktikkan beberapa arahannya.

Hari itu Diana Makhsussiyah SPdI sedang mengajar masak-memasak pada generasi milenial Smamio di IC Cooking Class.

Diana Makhsussiyah berpose dengan hasil masakan yang dibuatnya dalam kegiatan virtual IC Cooking Class (Ika Riskia/PWMU.CO)

Di Sudut Perpustakaan

Pemandangan lain berlangsung di Perpustakaan Smamio. Tampak Novania Wulandari SPd dengan sabar membimbing siswanya melalui Zoom. Dalam tampilan layar komputernya terlihat Microsoft Word sedang aktif.

Terdengar dia mulai memberi penjelasan. “Berita maksudnya suatu keterangan mengenai kejadian, aktual, dan penting. Produk utama jurnalistik adalah berita.” Rupanya Novania siang itu sedang melatih menulis berita yang baik IC Jurnalistik.

Di sudut perpustakaan lain ada ruang kecil yang didesain kedap suara. Di dalamnya ada seorang guru yang asyik memainkan orgen sembari menyampaikan informasi mengenai dunia musik. Itulah aktivitas Sonya Sonhaji SKom saat mengajar di IC Musik

Pemandangan lain berlangsung di laboratorium Smamio yang didesain secara modern. Saat itu Nanik Rahmawati Fuadah MSi sedang merevisi tulisan karya ilmiah siswa-siswanya yang akan dilombakan.

Nanik adalah guru pembina IC Creative Research 10 yang disingkat CR10. Dari IC ini lahir bibit-bibit unggul peneliti. Berkat bimbingannya, siswa Smamio berhasil memenangi lomba karya ilmiah.

Inspiration Class Smamio

Risa, Diana, Novania, Sonya, dan Nanik adalah beberapa guru yang menjadi pembinan Inspiration Class (IC). Yaitu program unggulan di gedung megah SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik (Smamio). yang mewadahi bakat dan minat siswa di bidang akademik dan non-akademik.

Di situ siswa diberi kebebasan memilih kelas kelas inspirasi sesuai dengan minatnya. Kegiatan ini dijadwalkan satu kali dalam sepekan, seperti yang tampak pada Kamis (11/2/2021) itu.

Tidak hanya ada Healthy Class, Cooking Class, Jurnalistik, Musik, dan CR10, Smamio juga memiliki IC Public Speaking, Seni Baca Al-Quran, Robotic, Desain Grafis, Tata Busana, Manga, dan Teater.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Smamio Fitri Andriyani MPd menjelaskan, IC Smamio tidak hanya menyediakan ruang berekspresi bagi siswa saja.

“Lebih dari itu, IC Smamio juga terbukti berhasil dalam meningkatkan potensi siswa di masing masing bidang. Contohnya di bidang riset, melalui IC CR10 beberapa siswa berhasil meraih juara nasional dan internasional dalam bidang penelitian,” ungkapnya Sabtu (13/2/2021).

Seperti penelitian Daun Kelor Bawa Smamio ke Ajang Internasional atau Daun Mimba Antarkan Siswa Smamio Juara Internasional.

Siswa IC Puclic Speaking sedang mengikuti pembinaan secara virtual (Istimewa/PWMU.CO)

Dia mengungkapkan, tidak hanya CR10 yang berhsil mendulang prestasi. IC Seni Baca Quran juga berhasil mengantar siswa Adi Amar Haikal Husin meraih beasiswa tahfidh di Daurah Al-Quran Hidayatullah Malang.

“Sebelum pandemi, siswa-siswi yang tergabung dalam IC Public Speaking juga aktif membawakan acara motivasi di beberapa sekolah. Hal yang sama juga dilakukan siswa IC Musik yang mengisi acara di berbagai event,” terang Fitri.

Fitri menerangkan, pandemi Covid-19 memang mengubah kondisi kegiatan IC Smamio. Tetapi inovasi harus tetap dilakukan. “Mengisi kelas inspitasi secara virtual dan mengikuti berbagai macam lomba secara online adalah bagian dari upaya Smamio dalam mengasah potensi siswa-siswinya,” ujarnya.

Ia menyampaikan terlaksananya IC Smamio tidak lepas dari peran serta guru pembina dan pendamping serta keaktifan siswa Smamio. (*)

https://pwmu.co/178140/02/14/menyemai-prestasi-dari-inspiration-class-smamio1/

Editor Mohammad Nurfatoni