Mugeb School Gelar Lomba Kostum Pejuang

Mugeb gelar lomba kostum pejuang dalam memperingati HUT RI ke-75 yang diikuti 95 siswa dari 4 sekolah dalam naungan Majelis Dikdasmen PCM GKB Gresik.

PWMU.CO – Mugeb School gelar lomba kostum pejuang dalam memperingati HUT RI ke-75 yang diikuti 95 siswa dari 4 sekolah dalam naungan Majelis Dikdasmen PCM GKB Gresik.

Koordinator lomba dari tim kesiswaan SD Muhammadiyah 2 GKB Gresik (Berlian School) Rifatut Tamamiyah SPd saat dihubungi via Whatsapp, Ahad (16/8/20) mengatakan selain untuk memeriahkan HUT RI, lomba ini juga diharapkan dapat membangkitkan rasa nasionalisme para pahlawan saat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Harapannya dengan memakai kostum pejuang anak-anak merasakan bagaimana perjuangan para pahlawan dulu saat berjuang demi Kemederkaan Indonesia,” ujarnya.

Rifa, sapaan akrabnya, menjelaskan tim kesiswaan di lingkungan sekolah Muhammadiyah GKB Gresik (Mugeb School) mengadakan lomba ini diperuntukan bagi siswa dari SD Muhammadiyah 1 GKBSD Muhammadiyah 2 GKB, SMP Muhammadiyah 12 GKB, dan SMA Muhammadiyah 10 GKB. Peserta terbanyak dari jenjang sekolah dasar.

Pada lomba ini, lanjutnya, panitia memetakan beberapa kategori di antaranya junior A yang diikuti kelas I-III SD, junior B untuk kelas IV-VI SD, dan kategori teenage kelas VII SMP – XII SMA. Penilaian, sambungnya, diambil dari kreativitas kostum.

“Kita memiliki 3 kategori juniaor A, junior B dan teenage. Penilaian berdasarkan kreativitas kostum 60 persen, pose atau gaya 30 persen, dan quotes foto 10 persen,” jelasnya.  

Tidak Mengurangi Jiwa Nasionalisme

Rifa mengungkapkan meski diadakan secara virtual lomba ini tidak mengurangi jiwa semangat anak-anak untuk tetap berkompetisi. Semangat anak-anak dalam mengikuti lomba ini juga tergambar dari bukti foto yang mereka kirimkan kepada panitia lomba.

“Anak-anak sangat totalitas dalam lomba ini, sampai-sampai ada yang naik gunung maupun tiarap,” katanya.  

Dia memaparkan salah satu peserta dari Smamio yang memenangkan juara I kategori teenage juga membenarkan meski virtual tetap mempersiapkan dengan matang.

“Persiapannya sangat matang sampai-sampai saya cari lokasinya ala-ala hutan. Saya pakai kostum dari nenek,” ungkap Hazizah Martina Sari kelas XII MIA 3.

Dia menuturkan perasaan saat iku lomba senang sekali. Tapi pas mau daftar saya bimbang dan malu untuk ikut lomba ini. Berkat dukungan dari orangtua saya memberanikan diri dan percaya diri kalau saya pasti bisa. Berkat lomba ini saya yang dulu sangat malu sekali kini saya lebih percaya diri lagi.

Tak hanya Hazizah, A’idah Halimatus Sadiyah peserta dari kelas XI MIA 3 juga mengikuti lomba ini dengan totalitas sampai berdiskusi dengan orangtua dan wali kelas.

“Persiapannya aku awalnya berbicara dengan Mama, harus memakai kebaya seperti apa. Setelah berdiskusi, akhirnya memutuskan untuk memakai baju kebaya dan jarik yang dimiliki Mama. Awalnya ingin mencari pahlawan yang berhijab tetapi bingung akhirnya berunding dengan wali kelas saya dan memutuskan untuk kostum pahlawan ibu Fatmawati,” ujarnya.  

Ini Daftar Juara Perjuangan

Rifa menjelaskan pemenang dalam lomba berkostum pejuang diumumkan setelah pelaksanaan upacara virtual live melalui akun YouTube sekolah, Senin (17/8/20).

Berikut para juara lomba kostum perjuangan kategori teenage dalam rangka memperingati HUT RI ke-75:

  1. Juara I  Hazizah Martina Sari kelas XII MIA 3
  2. Juara II Yusuf Al Badawi kelas VIII E
  3. Juara III A’idah kelaa XI MIA 3
  4. Harapan I Surya Syahputra Purwoko kelas X IIS 2
  5. Harapan II Rafa Alvaro kelas VII ICP-1
  6. Harapan III Nadine Agathafreya kelas VIII ICP

Selamat untuk para juara. (*)

Penulis Dyah Nanda. Co-Editor Ichwan Arif. Editor Mohammad Nurfatoni.

https://pwmu.co/158808/08/18/mugeb-school-gelar-lomba-kostum-pejuang/