Fasilitas

               SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang proses belajar mengajar di sekolah. Sentra pembelajaran dipusatkan di lantai 2, sedangkan lantai 1 dipergunakan untuk aktifitas pelayanan dan administrasi. Beberapa fasilitas yang ada di lantai 1 adalah ruang tamu, ruang majelis, ruang meeting, ruang administrasi, ruang kepala sekolah, ruang guru, laboratorium fisika, laboratorium biokimia, serta kamar mandi pria dan wanita. Sedangkan fasilitas yang ada di lantai 2 adalah 3 ruang kelas, ruang sarana prasarana, musholah, perpustakaan, ruang konseling, ruang UKS (Usaha Kesehatan Sekolah), kantin, serta kamar mandi pria dan wanita. Beberapa sarana dan prasarana yang ada di sekolah antara lain : 

  • Ruang Kelas

Ruang kelas di SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik, sudah memenuhi standar ruang belajar mengajar yang representatif. Selain dilengkapi dengan fasilitas standar seperti meja kursi yang nyaman dan white board, ruang kelas juga dilengkapi dengan 2 buah AC, LCD proyektor, loker, rak sepatu, dan tempat air minum. Semua fasilitas yang ada di ruang seluas 9 x 8 m2 dapat dimanfaatkan oleh siswa dalam rangka menunjang kegiatan belajar mengajarnya.

  • Ruang Perpustakaan

Perpustakaan menjadi bagian penting dari sekolah sebagai media pembangun budaya baca siswa dan guru. Perpustakaan dengan luas ruang 9 x 8 m2 tersebut memiliki lebih dari 630 koleksi. Dengan menggunakan program Senayan Library Management System (SLiMS), perekaman koleksi perpustakaan menjadi lebih terkontrol dengan baik.

  • Ruang guru

Dalam rangka menunjang keberhasilan pembelajaran, para guru menyiapkan perangkat dan media pembelajaran di ruang guru seluas 12 x 9 m2 yang terletak di lantai 1. Selain mempertimbangkan bidang studi yang diampu, pengaturan tempat duduk guru juga didasarkan pada jabatan struktural yang ada di sekolah. Para guru dengan jabatan struktural bidang kurikulum, marketing/humas, dan ismuba menempati ruang guru lantai 1, sedangkan bidang umum dan kesiswaan berada di lantai 2. Hal ini bertujuan agar terdapat kontrol guru terhadap siswa yang sebagian besar pembelajarannya dilaksanakan di lantai 2. Ruang guru yang ada di lantai 1 ini memiliki fasilitas antara lain, meja kursi, 3 buah AC, 1 buah lemari pendingin, 1 buah komputer, 2 buah printer, serta loker.

  • Laboratorium

Praktikum menjadi bagian penting dalam bidang sains yang tidak boleh terlewatkan. Oleh karena itu, SMA Muhammadiyah 10 GKB menyediakan fasilitas laboratorium yang dapat digunakan untuk melatih keterampilan kinerja ilmiah siswa. Melalui kegiatan tersebut, siswa dapat melakukan kegiatan praktikum, baik yang bersifat pembuktian teori maupun penelitian mandiri. Laboratorium yang ada di SMA Muhammadiyah 10 GKB yaitu

1.Laboratorium Biokimia (Biologi-Kimia)

Dengan luas ruangan 12 x 9 m2 , laboratorium biokimia didesain modern dengan furnitur di atas standar. Ruang lab tersebut dibagi menjadi 3 bagian, yaitu ruang praktikum, ruang persiapan, dan ruang alat bahan. Meja praktikum berbahan phenolic resin sebanyak 6 buah lengkap dengan kursinya dipersiapkan untuk siswa dalam melakukan praktikum. Berbagai alat dan bahan penunjang kegiatan praktikum biologi telah dipersiapkan, misalnya 20 buah mikroskop cahaya binokuler, 6 buah digital microscope, torso rangka manusia, set peralatan bedah, preparat biologi, dan berbagai bahan lainnya. Sedangkan alat dan bahan yang telah dipersiapkan untuk kegiatan praktikum kimia antara lain lemari asam, buret, dan lain sebagainya.

2. Laboratorium Fisika

Dengan luas dan pengaturan ruangan yang sama dengan laboratorium biokimia, laboratorium fisika juga dipersiapkan untuk menunjang pembelajaran siswa. Peralatan penunjang terkait materi pembelajaran fisika telah dipersiapkan, misalnya jangka sorong, mikrometer sekrup, dan mistar.

  • Meeting room

Persiapan dan evaluasi terkait pembelajaran dan manajemen sekolah sangat diperlukan guna kelancaran program yang telah disusun oleh sekolah. Kegiatan tersebut dilakukan di meeting room dengan luas ruangan 9 x 10 m2 yang dilengkapi dengan LCD proyektor dan 2 buah AC. Ruang pertemuan ini didesain melingkar agar diskusi lebih kondusif. Selain pertemuan dengan pihak sekolah, meeting room ini juga digunakan sebagai tempat pertemuan saat ada studi banding dari sekolah lain.

  • Ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) terletak di lantai dua, berdampingan dengan ruang konseling. Sebagai ruang pertolongan pertama bagi para siswa dan guru yang sedang sakit, UKS dilengkapi dengan dua tempat tidur dan lemari berisi obat-obatan standar. Peralatan kesehatan lain yang ada di UKS antara lain alat pengukur tinggi dan berat badan, thermometer, tensimeter, dan lainnya. Layanan pemeriksaan kolesterol dan gula darah juga disediakan untuk para siswa dan guru.

  • Musholah

Pembiasaan sholat Dhuha, sholat Dhuhur dan Ashar berjamaah, serta tadarus pagi dilaksanakan di musholah yang terletak di lantai 2. Siswa dan guru merasa nyaman berada di musholah karena dilengkapi dengan karpet dan AC. Selain itu juga disediakan rak untuk meletakkan mukenah siswa dan guru putri.

  • Toilet

Toilet dengan desain modern dan mewah telah dipersiapkan di lantai 1 dan 2. Toilet wanita memiliki 4 bilik yang dilengkapi dengan shower, 3 bilik dilengkapi dengan kloset, dan 3 buah wastafel dengan kaca dengan ukuran cukup lebar. Sedangkan  toilet pria memiliki 4 urinal, 2 bilik dilengkapi dengan kloset, 2 bilik dilengkapi dengan shower, dan 2 buah wastafel dengan sebuah kaca berukuran lebar.

  • Ruang server

Untuk menunjang penyimpanan data yang bisa diakses baik di luar maupun di dalam sekolah, SMA Muhammadiyah 10 GKB memiliki ruang server yang terletak di lantai 1 yang dilengkapi dengan sebuah server Dell R230, router mikrotik, synology RS815, dan switch netgear. Selain itu, ruang server ini juga berguna untuk mengatur jaringan dan wifi yang didukung oleh Telkom dengan kecepatan internet bandwidth 5 MBps.

  • Ruang Administrasi dan Ruang Kepala Sekolah

Bendahara sekolah, tata usaha, dan sekretaris sekolah menempati ruang paling depan di sekolah, yaitu ruang administrasi. Berbagai urusan terkait administrasi sekolah dapat dilayani di ruangan ini. Selain itu, di ruang administrasi ini juga terdapat ruang kepala sekolah dan ruang pertemuan dengan ukuran yang lebih kecil.

  • Lobi dan Ruang Tunggu

Untuk memberikan kenyamanan bagi tamu yang berkunjung, sekolah menyediakan ruang tunggu yang dilengkapi dengan kursi tunggu yang nyaman. Ruang tunggu ini terletak di lobi sekolah.  Lobi ini seringkali juga digunakan sebagai tempat berbagai kegiatan sinergi sekolah Muhammadiyah GKB dan tempat pendaftaran peserta didik baru.

  • Lapangan

Basket dan futsal adalah beberapa ekstrakulikuler di SMAMIO yang cukup banyak diminati oleh siswa. Dalam hal ini, sekolah mewadahi minat siswa tersebut dengan menyediakan lapangan dengan luas 38 x 38 mlengkap dengan fasilitas penunjangnya seperti gawang futsal, ring basket, bola sepak, bola basket, dan bola voli. Fasilitas ini dapat digunakan oleh siswa baik pada hari efektif maupun hari libur.

  • Tempat Parkir

Untuk mengamankan kendaraan baik milik siswa maupun guru, sekolah menyediakan tempat parkir yang luas dan aman. Tempat parkir motor yang telah dibangun 2 lantai terletak di sebelah barat gedung. Halaman SMAM 10 GKB yang luas juga dapat dimanfaatkan sebagai area parkir mobil tamu dan guru.