Sosialisasi ISO SMAMIO Via Daring

Suasana Sosialisasi ISO SMAMIO

Suasana Sosialisasi ISO SMAMIO (Ulyatun Nikmah)

PWMU.CO – Sosialisasi ISO Smamio dilakukan via daring kepada seluruh guru dan karyawan dengan media video conference Zoom, Sabtu (18/4/20).

Dalam kesempatan tersebut Kepala SMA Muhammadiyah 10 GKB (Smamio) Gresik Isa Iskandar mengenalkan ISO 21001:2018 yang  akan diimplementasikan oleh seluruh steakholder sekolah sebagai wujud improving school menuju persiapan tahun ajaran baru 2020-2021.

Dia menjelaskan, sebelumnya Smamio telah melaksanakan manajemen berbasis ISO 9001:2015 semenjak tahun 2017.

Dia menjelaskan, di tahun 2020 Smamio akan mengimplementasikan Standar ISO 21001:2018 yang fokus utamanya dalam hal pengembangan pendidikan, namun tetap selaras dengan standar ISO 9001:2015.

“Standar ini disusun khusus untuk sektor pendidikan dalam mencapai tujuan dan menjalankan fungsi utamanya, yaitu memberikan pendidikan yang bermutu,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, juga bermanfaat untuk membantu lembaga pendidikan dalam meningkatkan kepuasan peserta didik, tenaga pendidik, dan kependidikan.

Hal ini senada dengan yang disampaikan Ketua Majelis Dikdasmen PCM GKB Nanang Sutedja SE MM.

Dia mengatakan organisasi pendidikan akan mendapatkan manfaat dengan memberikan pengalaman pendidikan yang lebih berdampak relevan selaras dengan visi dan misi organisasi.

“Oleh karena itu, harapannya dengan melaksanakan sistem manajemen yang baru dapat meningkatkan kualitas pendidikan sekolah,” kata dia yang juga mengikuti sosialisasi ISO 21001:2018 melalui Zoom tersebut.

Nanang mengakatam Majels Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhamamdiyah GKB mendukung diterapkannya implementasi standar ISO 21001:2018 di 4 sekolah, SD Muhammadiyah 1 GKB, SD Muhammadiyah 2 GKB, SMP Muhammadiyah 12 GKB dan SMA Muhammadiyah 10 GKB.

Kreatif dan Inovatif Kembangkan Sekolah

Selain sosialisasi tentang ISO, Isa Iskandar juga berbicara tentang manajemen sumber daya manusia (SDM) dalam mendukung keberhasilan sekolah.

Menurut Isa, salah satu faktor pendukung keberhasilan sekolah adalah di bidang manajemen.

“Manajemen SDM merupakan salah satu faktor penting kemajuan sekolah. Oleh karena itu SDM yang ada di lingkungan sekolah perlu dirawat dan dikembangkan sesuai bidang masing masing,” ujarnya.

Selain itu, dia juga menguatkan tentang pentingnya SDM yang harus terus kreatif dan inovasi untuk mengembangkan sekolah, khususnya di Smamio ini. (*)

Penulis Ulyatun NikmahCo-Editor Ichwan Arif. Editor Mohammad Nurfatoni.

 

Selengkapnya :

Sosialisasi ISO Smamio via Daring