Kisah Siswa Smamio Berdakwah di Desa dalam Safari Ramadhan, liputan Novania Wulandari, kontributor Gresik.

PWMU.CO
 – Safari Ramadan menjadi salah satu kegiatan SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik (Smamio). Kegiatan ini diikuti oleh 18 siswa Smamio. Mereka diterjunkan ke masjid di daerah yang telah ditentukan. Tiap pekannya mengambil lokasi yang berbeda.

Peserta Safari Ramadan Smamio (Novania Wulandari/PWMU.CO)


Pekan ini di Masjid Al-Falah Desa Jetek Duduk Sampeyan. Sebelumnya dilakukan Masjid at-Takwa Dusun Mandepo Desa Setrohadi, Kecamatan, Duduk Sampeyan, Kabupaten Gresik, Sabtu (16/4/2022).

Dwinta Lajarotus, salah satu siswa Smamio yang turut tergabung dalam kegiatan ini menceritakan pengalamannya mengikuti Safari Ramadan di Masjid Masjid at-Takwa Dusun Mandepo.

Kepada PWMU.CO, Sabtu (23/4/2022) ia menjelaskan rangkaian pelaksanaan Safari Ramadan tersebut. “Acara dimulai pas kita nyampe di lokasi, kita mempersiapkan takjil terlebih dahulu. Setelah itu kita lanjut dengan tadarus al-Quran bersama dengan membaca surat al-Kahfi ayat 1-10 untuk pembukannya,” papar Dwinta—sapaannya.

Ia menambahkan, kegiatan ini membuatnya mengucap syukur karena ini merupakan kali pertamanya ia melaksanakan Safari Ramadan secara offline.

Ia mengaku senang mengikuti kegiatan ini. Selain memperbanyak pahala dan merekatkan silaturahim antarangkatan, ia juga mendapatkan saudara baru dari warga yang ada di sekitar Masjid at-Takwa.

Ramadhan Bukan untuk Bermalas-malasan

“Tepat pukul 17.00, tadarus bersamanya kita akhiri. Setelah itu dilanjutkan dengan penyampaian materi. Ini sih yang membuat saya agak gugup,” ungkap cewek asal Panceng Gresik ini.

Pasalnya, ia berkesempatan untuk berbagi ilmu kepada warga yang hadir di masjid tersebut tentang bulan Ramadan bukan untuk bermalas-malasan. Ia mengambil tema yang sesuai dengan diri sendiri. 

“Ramadan ini dapat dijadikan momentum untuk tetap semangat beraktivitas agar kita mendapatkan keberkahan rezeki dan pahala yang lebih besar dari bulan lainnya,” papar Dwinta,

Oleh karena itu, lanjutnya, bulan Ramadan bukan berarti menganjurkan kita untuk bermalas-malasan dalam bekerja atau belajar dikarenakan telahvmenahan lapar dan haus selama satu hari. Namun justru meningkatkan amalan kita agar menjadikan berkah dan bermanfaat.

Selepas pemberian materi, tepat pukul 17.36 kumandang adzan terdengar. Ia bersama teman-temannya dan para warga berbuka puasa bersama. 

“Selesai berbuka, kegiatan dilanjutkan dengan sholat Magrib berjamaah, Sholat Isya dan Tarawih berjamaah lengkap dengan imam dan kultum dari siswa Smamio, yakni Arif Bintang,” ungkapnya.

Dwinta Lajarotus (kanan) saat menyampaikan materi. Kisah Siswa Smamio Berdakwah di Desa dalam Safari Ramadhan (Novania Wulandari/PWMU.CO)

Makna Kegiatan Ini

Dihubungi PWMU.CO, Hudzaifaturrahman SThI, Penanggung Jawab Safari Ramadan, mengungkapkan bagaimana kegiatan ini.

Ia menjelaskan, Safari Ramadan ini digawangi oleh Korps Muballigh Muda Muhammadiyah (KM3) Smamio berkolaborasi dengan Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) Smamio. Dengan rangkaian mulai dari mengisi kajian keislaman, motivasi belajar dan juga mengisi kegiatan ibadah. 

“Kegiatan ini memiliki tujuan agar siswa Smamio utamanya siswa yang tergabung dalam KM3 dan IPM menjadi kader muballigh Muhammadiyah yang berkompeten di bidangnya,” papar Hudzai, sapaannya.

Ketika nanti sudah terjun dan melebur di masyarakat, sambungnya, mereka bisa menjadi seorang dai yang bisa diterima oleh masyarakat.

“Kita mendidik mereka menjadi kader mubaligh yang nantinya mereka bisa menyampaikan pesan pesan keislaman, keagamaan dan juga organisasi,” tutur guru Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Smamio ini.

Kegiatan Safari Ramadan ini juga disisipi dengan pemberian kado Ramadhan berupa parsel untuk para takmir Masjid At-Takwa. (*)

Editor Mohammad Nurfatoni

Source : https://pwmu.co/238469/04/24/kisah-siswa-smamio-berdakwah-di-desa/

Categories:

Tags:

Comments are closed

May 2022
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Hubungi Kami:
Alamat:
SMA Muhammadiyah 10 GKB
Jl. Raya Mutiara No 95 PPS

Telp./Fax: 031-99006210
Email : smamiogkb@gmail.com
Link Terkait





ARCHIVES
Calender
May 2022
M T W T F S S
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Video Profil
WISUDA 1 SMAMIO

IPM SMAMIO
Peta