Award Smamio bagi Peneliti saat Pandemi

Siswa-siswi Smamio saat mengikuti Pengumuman Final Class Research and Education Award lewat Zoom, Jumat (12/06) (Novania Wulandari/PWMU.CO)

Siswa-siswi Smamio saat mengikuti Pengumuman Final Class Research and Education Award lewat Zoom, Jumat (12/06) (Novania Wulandari/PWMU.CO)

PWMU.CO – Award Smamio diberikan kepada peneliti muda saat belajar dirumah (BDR) masa pandemi Covid-19 melalui progrom Final Class Research and Education, Jumat (12/6/20).

Sebanyak 51 kelompok siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 10 GKB (Smamio) Gresik berkompetisi dalam program akhir tahun pelajaran ini.

Berlangsung dua hari, Rabu-Kamis (10-11/06/2020) mereka mempresentasikan hasil karya ilmiah yang diproduksi saat belajar di rumah. Mereka melakukan presentasi di depan guru pembimbing dan juga penguji secara online lewat aplikasi Zoom.

Koordinator Literasi dan Penelitian Nanik Rahmawati Fuadah MSi mengatakan kegiatan ini bertujuan mendorong bakat siswa dalam menulis karya ilmiah. Juga melatih kerja sama tim meskipun anak-anak masih belajar di rumah dan bimbingan pun dilaksanakan secara online.

“Hasil karya tulis ilmiah yang telah dikumpulkan dan dipresentasikan oleh tiap kelompok ini selanjutnya dinilai. Penilaian ini dilihat dari berbagai macam aspek, lalu diumumkan secara online,” jelasnya.

Berlatih Membuat Karya Tulis

Wakil Kepala Sekolah Bidang Pengembangan Pendidikan Jamilah SSi meyakini kegiatan Final Class Research and Education Award ini bisa digunakaan sebagai persiapan agar ke depan siswa-siswi Smamio lebih terlatih mengikuti kompetisi karya tulis ilmiah.

“Semua yang kami upayakan ini pasti akan berguna di jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Tentunya agar siswa kami bisa lebih fight, lebih kuat untuk bersaing di luar sana karena dunia tidak akan semakin mudah tapi akan semakin berkembang,” sambungnya.

Jamilah menjelaskan dalam kegiatan ini ada beberapa penghargaan yang diberikan untuk siswa sebagai bentuk apresiasi atas prestasi dan motivasi mereka melakukan penelitian.

“Lewat aplikasi Zoom, kami mengumumkan kategori penghargaan untuk siswa-siswi yang karya tulisnya memiliki nilai yang lebih baik di antara yang lain. Ada juga penghargaan untuk siswa peraih nilai terbaik pada tryout UTBK dan tryout TPS di bulan April. Selain itu juga ada penghargaan untuk siswa yang berpartisipasi aktif dalam pembelajaran online saat Study from Home,” ujarnya.

Seusai diumumkan para pemenang, Kepala Smamio Isa Iskandar SSi MPd mengucapkan apresiasinya dan berharap agar siswa Smamio terus mengembangkan riset.

“Teruslah mengasah soft skill menulis karena hal ini merupakan salah satu persiapan menjadi mahasiswa yang ending-nya adalah melakukan riset atau penelitian baik dalam skripsi, tesis, dan disertasi,” tambahnya.

Para Pemenang Award Smamio

Berikut daftar kategori penghargaan dan pemenangnya Final Class Research and Education Award.

A. Kategori The Best Scorer of Try Out TPS Grade X:

  1. Aidah Halimatus Sadiyah (Kelas X MIA 3)
  2. Kalula Zara Inara (kelas X IIS 1)

B. Kategori The Best Scorer of Try Out UTBK in April:

  1. Yoraisa Ghany Setiawan (Kelas X MIA 3)
  2. Ariesha Meivia A (kelas X IIS 2)
  3. Dzakwan Alif Firmansyah H (Kelas XI MIA 3)
  4. Sirru Sadrina (Kelas XI IIS 1)

C. Kategori The Most Active Students in Following Online Learning

  1. Azzahra Egilia (X MIA 1)
  2. M Andhika Rizky (X MIA 2)
  3. Nasywa Putri N (X MIA 3)
  4. Reihan Muzakki (X IIS 1)
  5. Abiyyu Muhammad N (X IIS 2)
  6. Auliyaa Nabilah S (XI MIA 1)
  7. Zumar Nur Firdaus (XI MIA 2)
  8. M Fatih Maarif (XI MIA 3)
  9. Ishika Marsha Devanda (XI IIS 1)
  10. Adilian Rifqi Ananda (XI IIS 2)

D. Kategori The Best Group of Final Research Project Grade X

  1. Juara I: Tasbita Fazha dan Mirna Rahma Aulia dengan judul “Pengaruh Kreativitas Guru dalam Motivasi Minat Belajar Siswa”
  2. Juara II: Hasna Tasbita, Azzahra Egilia dan Awanis Farhana dengan judul “Konvoi – Konferensi Ora Isin”
  3. Juara III: Tiara Azzahra Yasmin dan Sayyida Nabila Ahmad dengan judul “Saling Bersinergi Tangani Kemacetan Tanah Air”

E. Kategori The Best Group of Final Research Project Grade XI

  1. Juara I: Amalia Dwi Breliyanti dan Revi Febriani Putri dengan judul “Pengaruh Cinta Lawan Jenis terhadap Motivasi Proses Belajar Siswa SMA Muhammadiyah 10 GKB”
  2. Juara II: Nadya Mazayu dan Feby Salsabila dengan judul “Efektivitas Zoom dalam Mendukung Proses Belajar Siswa di Rumah”
  3. Juara III: Sirru Sadrina & Maghfiroh Mutiarasari dengan judul “Analisis Penyebab Kebosanan Remaja saat di Rumah delama PSBB dan Bagaimana Cara Mereka Mengatasinya”

Selamat untuk para juara! (*)

Penulis Novania Wulandari. Co-Editor Ichwan Arif. Editor Mohammad Nurfatoni.

Selengkapnya : https://pwmu.co/151830/06/14/award-smamio-bagi-peneliti-saat-pandemi/