PWMU.CO – Ikigai dalam Orangtua Mengajar Smamio. SMA Muhammadiyah 10 GKB (Smamio) Gresik mengadakan kegiatan Orangtua Mengajar, Jumat (26/11/21). Kegiatan rutin setiap setiap bulan itu diikuti oleh siswa kelas X dan XI.

Kepala Smamoi Hari Widianto MPd mengatakan kegiatan Orangtua Mengajar ini diadakan untuk menjaga hubungan yang harmonis antara sekolah dan wali siswa. Juga untuk menambah variasi dalam proses belajar mengajar siswa.

“Sebagai sekolah riset, variasi proses belajar mengajar perlu ditambah salah satunya melalui kegiatan orang tua mengajar. Hal ini dilakukan agar siswa bisa mengambil pelajaran dari arah mana saja salah satunya dari pengalaman yang telah dibagi wali siswa dalam kegiatan ini,” jelasnya.

Di samping itu, lanjutnya, keterikatan anak dan orangtua juga lebih terjalin karena dalam kegiatan ini sang anak berperan sebagai host dan orang tua berperan sebagai pemateri.

Mengapa Harus Prestasi

Dalam kegiatan Orangtua Mengajar ini Smamio mengundang Muchlisin SPdI, wali siswa Nida’us Salma kelas XII IIS 2. Dalam paparannya dia menyampaikan pandemi Covid-19 bukan alasan untuk berhenti meraih prestasi.

Muchlisin SPdI membuka paparan dengan menanyakan: “Mengapa setiap orang harus berprestasi?”

Beberapa siswa mengangkat tangannya tanda ingin menjawab.

Ada yang menjawab berprestasi sebagai salah satu bentuk agar bisa memberikan kebermanfaatan untuk sesama. Salah satunya dengan memotivasi orang lain atas prestasi yang kita peroleh.

Bapak yang akrab disapa Muclisin itu, menjelaskan setiap manusia harus berupaya untuk mewujudkan prestasi dalam hidupnya.

“Pandemi Covid-19 tidak boleh dijadikan sebagai alasan untuk istirahat dalam meraih prestasi. Prestasi bisa diwujudkan dalam bentuk apapun yang positif di antaranya prestasi akademik, prestasi non-akademik, prestasi sebagai seoarang anak, dan prestasi sebagai hamba Allah,” ujarnya.

Prestasi, lanjutnya, bisa dikembangkan dari masing-masing peran mulai dari peran sebagai anak, siswa, teman, orangtua, dan guru.

Muclisin memaparkan Allah tidak menuntut hamba-Nya untuk selalu berprestasi dalam urusan dunia melainkan untuk terus meningkatkan amal kebaikan.

“Dengan terus meningkatkan amal kebaikan maka prestasi akan datang dengan sendirinya sebagai bonus dari fokus. Untuk itulah kita perlu istiqomah dalam meningkatkan setiap amal kebaikan,” jelasnya.

Ikigai dan Tips Mewujudkan Prestasi

Muchlisin mengatakan ada banyak hal yang bisa dilakukan agar kita bisa konsisten mewujudkan prestasi. Salah satunya dengan menerapkan konsep ikigai,yang berasal dari Jepang, di kehidupan kita.

Konsep ikigai, lanjutnya, bisa diartikan sebagai upaya dalam mengkolaborasikan antara hal-hal yang disukai, hal-hal yang dikuasai, hal-hal yang dibutuhkan, dan hal-hal yang menghasilkan bayaran.

“Konsep ikigai bisa kita terapkan dengan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam konsep ikigai. Di antaranya apa yang kamu sukai? Apa yang bisa kamu lakukan dengan baik? Apakah kemampuan kamu layak mendapat bayaran? Apa yang dibutuhkan lingkungan dari kamu?” jelasnya.

Saat kita sudah bisa menerapkan konsep ikigai dalam keseharian kita maka secara tidak langsung kita sedang melakukan kegiatan dengan misi

Di akhir acara, Muchlisin memberikan closing statement kepada seluruh siswa untuk tidak melewatkan masa pandemi dengan tanpa bersungguh sungguh dalam mewujudkan prestasi.

“Jangan sampai hidup berakhir dengan tidak memiliki kebermanfaatan di dunia dan tidak memiliki prestasi di hadapan Allah karena sebaik baik manusia adalah yang memiliki kebermanfaatan,” tandasnya. (*)

Penulis Ririn Masfaridah Editor Mohammad Nurfatoni

https://pwmu.co/218012/11/27/ikigai-dalam-orangtua-mengajar-smamio/1/

Categories:

Tags:

Comments are closed

January 2022
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
Hubungi Kami:
Alamat:
SMA Muhammadiyah 10 GKB
Jl. Raya Mutiara No 95 PPS

Telp./Fax: 031-99006210
Email : smamiogkb@gmail.com
Link Terkait





ARCHIVES
Calender
January 2022
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
Video Profil
WISUDA 1 SMAMIO

IPM SMAMIO
Peta