Inspiring Youth Smamio Perbincangkan 5 FunFact Prodi Psikologi; Liputan Novania Wulandari, kontributor PWMU.CO Gresik


PWMU.CO – Inspiring Youth bertema “Kuliah di Psikologi, yay or nay?” digelar SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik (Smamio) Gresik, Jawa Timur, Selasa (25/10/2022). 

Acara yang dilaksnaakan di Cordoba Convention Hall Smamio, itu menghadirkan dua alumninya yang sedang kuliah di Program Studi (Podi) S1 Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Kehadiran Regina Farah Hidayah (alumnus angkatan ke-3) dan Reihan Muzakki (alumnus angkatan ke-4) langsung membuat heboh. Hal itu terjadi saat Regina dan Reihan bertanya pada para peserta yang terdiri dari siswa kelas X dan XI: “Siapa yang ingin melanjutkan studi di Psikologi?”

Regina lalu mengungkap perasaannya saat diterima di Prodi Psikologi Unair. “Senang banget. Setelah dijalani sih asyik meskipun banyak tugas tapi bikin kita merasa pengen tahu terus,” ungkap cewek yang kerap disapa Jiji ini.

Dia menyampaikan, kuliah di Prodi Psikologi tidak hanya bisa diambil oleh siswa dari program IPS melainkan bisa juga dari program IPA. “Jika kalian memang sudah mantap untuk melanjutkan studi di Prodi Psikologi, pilihlah kampus dengan Prodi Psikologi yang sesuai dengan rumpun atau kelas belajarmu saat di SMA sekarang,” jelas Jiji.

Ia menambahkan, pada rumpun IPA (saintek), Universitas Padjadjaran atau Universitas Sebelas Maret Solo bisa menjadi pilihan. Sedangkan Psikologi pada rumpun IPS (Soshum) berada di Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, atau Universitas Brawijaya.

Regina Farah Hidayah dan Reihan Muzakki di hadapan siswa Smamio yang mengikuti Inspiring Youth, Selasa 25 Oktober 2022 (Novania Wulandar/PWMU.CO)

Lima Fun Fact Jurusan Psikologi

Reihan Muzakki menyampaikan fakta menarik yang ada di Prodi Psikologi. Fun fact pertama, psikologi adalah ilmu yang sangat luas dan berkaitan. Reihan menjelaskan, psikologi tidak berdiri sendiri, banyak ilmu berkaitan di dalamnya. 

“Ilmu psikologi memiliki keterkaitan dengan filsafat dan sosiologi bahkan biologi karena memang semuanya membentuk lingkaran untuk mendukung kerja dalam dunia nyata,” papar Reihan.

Fun fact kedua, matematika adalah dasarnya. “Mungkin beberapa dari kalian berpikir kalau belajar psikologi akan lepas dari hitung-hitungan matematika. Jawabannya salah!” kata dia. 

Menurutnya, Prodi Psikologi yang menggunakan sistem riset dan penelitiannya bergantung pada matematika, khususnya adalah statistika.

Mahasiswa Canayang?

Fun fact ketiga, kuliah di Prodi Psikologi dianggap bisa jadi cenayang. “Hampir semua orang yang kuliah dan belajar di Prodi Psikologi pasti pernah merasakan ini. Kita dianggap bisa membaca pikiran manusia, padahal kita bukan peramal,” jelas Reihan.

Ia menambahkan, jika ingin mengetahui pribadi seseorang, kita perlu melakukan serangkaian tes terlebih dahulu. 

Fun fact keempat, mahasiswa Psikologi pasti dianggap “si paling tahu”

Jiji menambahkan, “Ketika kita terjun ke masyarakat dengan embel-embel ‘mahasiswa psikologi’, pasti akan ada banyak orang yang menganggap bahwa kita ini menguasai apa saja.”

“Padahal faktanya ilmu psikologi tak semudah yang orang lain pikirkan. Karena kita harus melakukan riset untuk memastikan hal-hal yang sedang dikaji,” papar cewek asal Gresik ini.

Regina Farah Hidayah dan Reihan Muzakki di acara Inspiring Youth Smamio Selasa 25 Oktober 2022 (Novania Wulandar/PWMU.CO)

Fun fact kelima, jika ingin menjadi psikolog, harus lanjut untuk sekolah S2. “Banyak yang bilang kalau kuliah S1 Prodi Psikologi akan menjadi psikolog. Kalau baru S1 kamu belum boleh dipanggil psikolog. Jika ingin dipanggil psikolog maka kamu harus kuliah sampai S2,” terang Jiji.

Turut hadir dalam agenda tersebut, Koordinator Bimbingan Konseling (BK) Smamio.Ika Famila Sari MPsi Psikolog. Ika, sapaannya, membenarkan apa yang telah disampaikan oleh dua alumni Smamio itu.

Ia menyampaikan, ilmu psikologi itu luas sehingga jika ingin menjadi psikolog maka harus menempuh pendidikan S2 terlebih dahulu.

“Nanti di S2 Psikologi, kamu akan lebih mempelajari psikologi namun dengan konsentrasi lanjutan bukan umum. Seperti Konsentrasi Psikologi Klinis, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Sosial, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Perkembangan,” urainya. (*)

Editor Mohammad Nurfatoni

Source : https://pwmu.co/262586/10/27/inspiring-youth-smamio-perbincangkan-5-fun-fact-prodi-psikologi/

Categories:

Tags:

Comments are closed

December 2022
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
Hubungi Kami:
Alamat:
SMA Muhammadiyah 10 GKB
Jl. Raya Mutiara No 95 PPS

Telp./Fax: 031-99006210
Email : smamiogkb@gmail.com
  • 0
  • 0
  • 4,495
  • 15,616
  • 44,542
  • 2,577
Link Terkait





ARCHIVES
Calender
December 2022
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
Video Profil
WISUDA 1 SMAMIO

IPM SMAMIO
Peta