Terima Kasih Corona di Kalbu Smamio menjadi tema menarik bagi siswa dalam kajian Islam secara virtual, Jumat (14/8/20) melalui akun Youtube Smamio GKB Channel.

PWMU.CO – Terima Kasih Corona di Kalbu Smamio menjadi tema menarik bagi siswa dalam kajian Islam secara virtual, Jumat (14/8/20) melalui akun Youtube Smamio GKB Channel.

Tim Pembiasaan dan Pembinaan Karakter SMA Muhammadiyah 10 (Smamio) GKB Gresik tetap produktif dengan memberikan kajian Islam di tengah landemi Covid-19.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Pembiasaan dan Pembinaan Karakter Siswanto SPdI menjelaskan tim al-Islam Smamio terus berinovasi untuk tetap mengedukasi siswa secara virtual. Pandemi ini bukan menjadi halangan untuk tidak belajar agama.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan keislaman untuk siswa. Selain itu, juga sebagai benteng keimanan agar siswa terarah sesuai aturan al-Quran dan Sunnah yang shahih,” ujarnya.

Dalam Kajian online bertajuk Kalbu (Kajian Malam Sabtu) yabg diselenggarakan setiap hari Jumat pukul 18.00-19.00 WIB, Siswanto mengungkapkan kegiatan ini juga untuk memberikan ilmu baru pada siswa tentang istilah-istilah keagamaan dengan bahasa yang dapat mudah dipahami oleh siswa.

Perlunya membahasakan istilah-istilah dalam agama dengan kemasan bahasa-bahasa yang bisa mudah dipahami oleh anak-anak milenial.

“Materi ini diambil juga untuk bisa mengarahkan siswa dalam pemikiran yang benar. Siswa kita banyak yang berinteraksi dengan gadget, maka kita butuh meluruskan pemikiran yang benar,” jelasnya.

Terima Kasih Corona

Pada episode pertama yang mengangkat tema ‘Terima Kasih Corona’, Siswanto menjelaskan sebagai manusia kita harus bersyukur dengan datangnya corona.

“Peran Corona itu untuk menyadarkan kita. Segala musibah atas kehendak Allah. Corona itu suka dengan hal yang kotor. Datangnya corona kita disadarkan untuk menjadi manusia yang mencintai kebersihan. Selain itu corona juga membersihkan bumi yang kotor ini,” jelasnya.

Dari segi kebersihan, menurutnya, kita sudah dididik untuk lebih bersih dari segi sosial. Sebelum datangnya corona di semua belahan dunia banyak perkumpulan-perkumpulan yang tidak dikehendaki oleh Allah seperti gay ataupum sesama jenis. Sekarang isu-isu seperti itu sepi.

Di episode kedua, Kalbu yang dibawakan Fiqih Risallah MA mengangkat tema Agen Tuhan.

Dia mengungkapkan materi ini bertujuan untuk memberikan motivasi pada siswa tentang keistimewaan manusia sebagai makhluk yang istimewa.

“Seri Islamic Worldview ini memberikan cara pandang pada dunia yang seolah nyata pada kita. Kalau diberi kesempatan saya akan menyampaikan Islamic Worldview ini secara serial,” ujarnya.

Siswa, sambungnya, ketika lulus dan kuliah akan menghadapi tantangan-tantangan yang bersifat terbuka.

Kegiatan ini pun disambut positif oleh wali siswa dan siswa. Seperti halnya yang disampaikan Lukluatul Baroroh wali siswa Dzulkifli kls X MIA 2. Dia mengungkapkan acara ini memberikan wawasan baru buat anak agar lebih dekat dengan Allah dan terus semangat belajar.

“Terima kasih ustad ustadzah Smamio telah berbagi ilmu. Senang mengikuti KALBU malam ini. Temanya sangat bagus, ditunggu kajian berikutnya. Keren Smamio,” tuturnya.

Kalbu juga disambut antusias siswa, tak terkecuali Balqies Khairunnisya. Siswa yang duduk di kelas XI IIS 1 ini menyampaikan kemasan caranya bagus sekali.

“Pembahasan materinya juga sangat menarik. Materi yang diberikan tidak Al Islam yang itu itu saja. Materi yabg diberikan kekinian apa yang sedang jadi topik di masyarakat, seperti Terima Kasih Corona dan Agen Tuhan. Judul materinya bikin penasaran,” tambahnya. (*)

Penulis Dyah Nanda. Co-Editor Ichwan Arif. Editor Mohammad Nurfatoni.

https://pwmu.co/158589/08/16/terima-kasih-corona-di-kalbu-smamio/

Categories:

Tags:

Comments are closed

December 2021
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
Hubungi Kami:
Alamat:
SMA Muhammadiyah 10 GKB
Jl. Raya Mutiara No 95 PPS

Telp./Fax: 031-99006210
Email : smamiogkb@gmail.com
Link Terkait





ARCHIVES
Calender
December 2021
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
Video Profil
WISUDA 1 SMAMIO

IPM SMAMIO
Peta