Yuk Gresik Wisuda, Ketua Dikdasmen PWM Jatim Ucapkan Selamat; Liputan Kontributor PWMU.CO Gresik Sayyidah Nuriyah

PWMU.CO – Let put the happiness in our mind, soul, sense, and body as our expression of thanks to Allah SWT. Demikian Ketua Majelis Dikdasmen PWM Jatim Dr Arbaiyah Jusuf MA mengawali sambutannya, Sabtu (4/5/22) pagi.

Ketua Majelis Dikdasmen PWM Jatim Dr Arbaiyah Jusuf MA di Wisuda IV Smamio (Istimewa/PWMU.CO)

Dia mengajak para wisudawan SMA Muhammadiyah 10 GKB (Smamio) Gresik angkatan IV dan seluruh hadirin di Ballroom Aston Inn Gresik itu untuk meletakkan kebahagiaan baik di pikiran, jiwa, maupun raga sebagai ungkapan syukur. Sebelum menerangkan dua makna syukur lebih mendalam, dia mengutip Ibrahim ayat 7. 

وَاِذۡ تَاَذَّنَ رَبُّكُمۡ لَٮِٕنۡ شَكَرۡتُمۡ لَاَزِيۡدَنَّـكُمۡ‌ وَلَٮِٕنۡ كَفَرۡتُمۡ اِنَّ عَذَابِىۡ لَشَدِيۡدٌ‏ 

Artinya, “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” 

Terkait ajakannya untuk bersyukur dengan berbahagia, Arbaiyah menerangkan, “Bersyukur adalah bagian dari yang penting dalam menghidupkan hormon kebahagiaan. Hormon kebahagiaan inilah yang membuat kita semuanya masih selamat sampai hari ini.” 

Makna Syukur 

Selain itu, Arbaiyah mengingatkan, dengan berada pada kondisi imun yang kuat, artinya Allah SWT memberi kepercayaan dan nikmat kepada mereka sehingga mereka bisa beramal dan berbuat banyak kebaikan. “Makna syukur itu sangat banyak,” imbuhnya. 

Makna pertama, bersyukur dengan melakukan ibadah. Sebab, kata Arbaiyah, ibadah bagian dari strategi syukur. Dia lantas menukil adz-Dzariyat ayat 56. 

وَمَا خَلَقۡتُ الۡجِنَّ وَالۡاِنۡسَ اِلَّا لِيَعۡبُدُوۡنِ

Artinya, “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.” 

Kemudian, dia menegaskan ibadah ritual sebagai bentuk ketaatan kepada Allah. “Bagaimana kemudian kita betul-betul beribadah itu sesungguhnya untuk bersyukur dan sesungguhnya itu bagian dari ujian bagaimana kita taat kepada Allah. Karena shalat, puasa, zakat, haji itu bagian dari ujian, seberapa kita ini taat melaksanakan syahadat,” terangnya. 

Dia pun memberi tahu, usai lulus dari Smamio, wisudawan yang berbahagia itu akan menghadapi berbagai hal. “Karena sesungguhnya shalat bisa dilakukan dengan cara yang bermacam-macam. Nanti kalau kalian kuliah di luar negeri, akan bertemu banyak persepsi. Bahkan di Kanada, Amerika, banyak anak muda menciptakan agama baru,” jelasnya. 

Maka Arbaiyah berpesan, “Tetaplah beribadah sesuai dengan agama yang sudah ditetapkan!” 

Kedua, bersyukur bisa diwujudkan dengan menjadi pribadi yang memiliki kreativitas tinggi. Yakni menjadi pribadi bermanfaat—untuk negara dan dunia—dari apa yang telah berusaha dikembangkan. Akhirnya dia memotivasi dengan membacakan ar-Rahman ayat 33. 

يٰمَعۡشَرَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ اِنِ اسۡتَطَعۡتُمۡ اَنۡ تَنۡفُذُوۡا مِنۡ اَقۡطَارِ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ فَانْفُذُوۡا‌ؕ لَا تَنۡفُذُوۡنَ اِلَّا بِسُلۡطٰنٍ‌ۚ 

Artinya, “Wahai golongan jin dan manusia! Jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka tembuslah. Kamu tidak akan mampu menembusnya kecuali dengan kekuatan (dari Allah).” 

Dia menerangkan, sulthon adalah suatu kekuatan. Di antaranya ada ilmu, sikap, dan kreativitas.

Alumnus Tinggi Iman Ilmu Amal 

Sebelum melanjutkan ke pesan penting lainnya, Arbaiyah mengapresiasi Smamio. “Pada usianya yang ketujuh, Smamio ini melahirkan empat angkatan wisudawan-wisudawati,” ujarnya. Gemuruh tepuk tangan langsung menggema. 

Berdasarkan perkiraannya, Smamio kini telah meluluskan lebih dari 500 siswa. “Karena kalau hari ini 139, tahun lalu 150 sekian, sebelumnya pernah 80, maka kalau saya hitung itu jumlahnya sudah di atas 500,” urainya. 

Dia lantas melangitkan doa untuk para alumnus Smamio, termasuk para wisudawan. “Maka 500 ini tentu saja, Insyaallah termasuk kalian nanti, menjadi alumnus-alumnus yang tinggi iman, tinggi ilmu, dan tinggi amal, Insyaallah,” ucapnya dengan mantap. 

Arbaiyah kembali mengapresiasi berbagai pencapaian Smamio. “Pada usia ketujuh ini, Smamio telah menjadi Outstanding School, menjadi juara umum Muhammadiyah Education Award, menjadi Sekolah Penggerak, sudah melahirkan para juara, para anak-anak yang luar biasa. Tentu saja ini adalah kerja kompak dari semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu!” 

Pesan sebagai Sekolah Penggerak 

Setelah itu, dia berpesan, dalam konteks menjalankan peran sebagai Sekolah Penggerak, Smamio diharapkan terus menerapkan Merdeka Belajar dengan dua indikator. Yaitu prinsip freedom (kebebasan) dan prinsip demokrasi. 

“Prinsip freedom dimunculkan dalam posisi guru, karyawan, kepala sekolah adalah orang-orang profesional. Orang-orang berilmu yang tahu apa yang dilakukan,” tuturnya. Dengan begitulah Arbaiyah menegaskan bagaimana para pendidik bisa menunjukkan kepada semua pihak bahwa seluruhnya telah melakukan perannya secara profesional. 

Sedangkan prinsip demokrasi, menurutnya diwujudkan dalam bentuk pemberdayaan siswa, salah satunya melalui project based learning. “Maka sekolah ini menghasilkan generasi beriman, berilmu, berakhlak karimah, dan tentu saja menjadi orang-orang yang akan mengisi kepemimpinan di Nusantara maupun kepemimpinan di dunia dalam berbagai bentuk,” doanya. 

Harapan Muslim Dunia 

Terakhir dan yang terpenting, Arbaiyah mengucap, “Selamat kepada Bapak Ibu wali murid. Wali murid itu sebagai pengasuh, pendidik, pengajar di mana pun. Putra-putri bapak ibu telah sampai pada titik terakhir sekolah menengah!” 

“Selamat kepada anak-anakku sekalian. Kalian sudah tuntas, Insyaallah lulus semua. Ada Yuk Gresik juga hari ini!” tambahnya mengingat di antara wisudawati yang kompak mengenakan setelan kebaya bernuansa coklat-krem itu ada Yoraisa Ghany Setiawan. Siswi Smamio yang sukses dinobatkan sebagai Yuk Gresik 2021.  

Arbaiyah berpesan, “Lanjutkan belajarnya, lanjutkan kreativitasnya, imannya, ibadahnya, dan lain sebagainya. Kalian adalah harapan seluruh komponen Muslim di dunia!” 

Tak lupa, dia mengucap selamat kepada Smamio atas terlaksananya wisuda keempat itu. “Dalam hal ini pimpinan sekolah, guru, karyawan, komite yang telah mendampingi dengan tekun dalam bentuk pembelajaran online dan offline. Karena kalian selama dua tahun di musim pandemi,” imbuhnya. 

Terakhir, dia mengucap selamat kepada Majelis Dikdasmen PCM GKB. “Betul-betul melahirkan sekolah bermutu dan ini masuk bagaimana PCM GKB telah berkontribusi pada negara. Bahwa ini ada sekolah bagus yang ada di Gresik, maka akan datang ke GKB, Smamio Insyaallah!” (*) 

Editor Mohammad Nurfatoni

Source : https://pwmu.co/242987/06/06/242987/

Categories:

Tags:

Comments are closed

December 2022
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
Hubungi Kami:
Alamat:
SMA Muhammadiyah 10 GKB
Jl. Raya Mutiara No 95 PPS

Telp./Fax: 031-99006210
Email : smamiogkb@gmail.com
  • 0
  • 0
  • 4,481
  • 15,602
  • 44,528
  • 2,577
Link Terkait





ARCHIVES
Calender
December 2022
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
Video Profil
WISUDA 1 SMAMIO

IPM SMAMIO
Peta