Fortasi dan BTS awali semangat Smamio, seperti yang disampaikan Waka Bidang Pengembangan Pendidikan Smamio Ulyatun Nikmah SPd.
Fortasi dan BTS: Waka Pengembangan Pendidikan (PP) Smamio Ulyatun Nikmah SPd saat memberikan penjelasan tentang pembelajaran tahun pelajaran 2021/2022 pada agenda BTS (Back To School) (Tangkapan layar Irma Sonya Suryana?PWMU.CO)

PWMU.CO – Ada Tips Masuk ITS di BTS Smamio. Forum Ta’aruf Siswa (Fortasi) SMA Muhammadiyah 10 GKB (Smamio) Gresik diawali dengan Back to School (BTS), Senn (12/7/2021)

“Agar semangat meraih cita-cita bersama Smamio,” kata Waka Bidang Pengembangan Pendidikan Smamio Ulyatun Nikmah SPd.

Digelar secara virtual, Fortasi yang dikemas kekinian oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Smamio itu menghadirkan duo MC keren Tsabitha Fazha Imanda dan Farah Sabrina Amalia. Kedua kader IPM Smamio itu berasal dari kelas XII-IPS 2 dan XI IIS 1.

Menurut Farah, kegiatan yang berlangsung 12-16 Juli 2021 itu menghadirkan beberapa nara sumber, yakni Inspiring Youth dari IPM dan alumnus Smamio, serta influencer dr Farhan Zubedi. Pada acara pertama memperkenalkan para guru Smamio.

“Adik-adik, Kalian pasti pingin tahu kan siapa aja guru-guru Smamio yang keren-keren dan sayang banget sama kita semua. Langsung saja kita putarkan video profil guru-guru Smamio,” ujar Farah penuh semangat.

Prestasi Internasional

Usai perkenalan para guru, acara berlanjut pada sambutan Kepala Smamio, yang diwakili Sa’roni MPd, Waka Bidang Ismuba. Sa’roni mengungkapkan, sebagai sekolah baru, Smamio telah mendulang prestasi internasional.

 

“Terima kasih kepada orang tua kalian yang sudah memilihkan kalian sekolah yang bagus dan terbaik untuk kalian. Ini merupakan pilihan yang tepat. Kami, para guru siap mendampingi dan mengeksplorasi kemampuan kalian, apapun bidang sesuai minat dan bakat yang kalian punya,” paparnya.

Dia melanjutkan, untuk mencapai kesuksesan, semua siswa Smamio harus tetap fokus. “Walaupun di masa yang serba terbatas, baik tatap mukanya, waktu, atau tempat, tapi insyallah akan tetap meraih kesuksesannya,” harapnya. .

Prestasi, sambungnya, tidak bisa dicapai hanya dengan nyantai dan pegang ponsel saja. Prestasi dicapai dengan kerja keras, belajar, dan upaya sekuat tenaga.

Baca Juga:  Sekolah Muhammadiyah GKB Siapkan Virtual Class

“Tolong dijaga kesehatannya, di lingkungan rumah dan sekitarnya. Harus menerapkan protokol kesehatan dan diupayakan tetap di rumah saja jika tidak ada urusan yang sangat penting,” imbaunya.

Roni, panggilannya, juga berharap tiga tahun ke depan, perguruan tinggi favorit menanti kedatangan para siswa Smamio. “Maka upayakan secara maksimal dengan usaha terbaik kalian,” tandasnya.

Fortasi dan BTS awali semangat Smamio, seperti yang disampaikan Waka Bidang Pengembangan Pendidikan Smamio Ulyatun Nikmah SPd.
Siswa-siswi baru kelas X Smamio di hari pertama Fortasi (Tangkapan Layar Irma Sonya Suraya/PWMU.CO)

Sharing Session Fortasi dan BTS

Usai sambutan, kegiatan berlanjut pada sharing session duo young succesful students M Aqshal Putra Pratama dan Yoraisha Ghani Setiawan. M Aqshal merupakan alumnus Smamio angkatan II yang kini menjadi mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Sedangkan Yoraisha adalah siswi kelas XII Smamio yang dinobatkan menjadi Yuk Gresik tahun 2021.

Yora, sapaam Yoraisha, menganjurkan para adik kelasnya untuk memanfaatkan waktu belajar di sekolah sebaik-baiknya. “Kalian akan difasilitasi untuk mengembangkan diri banget. Dulu aku itu anak yang tomboi dan cuek, kemudian ada salah satu guru yang menyarankan aku agar keluar dari zona nyaman untuk mengikuti ajang Cak-Yuk,” ungkapya.

Dari dorongan tersebutlah yang membuatnya mencoba dan menikmati proses setahap demi setahap hingga meraih juara. Termasuk saat dia meraih juara internasional di bidang penelitian. “Awalnya aku adalah orang yang nggak berani ngomong di depan banyak orang, tapi di sekolah ini, Smamio, akan sangat difasilitasi, rek!” jelasnya.

Fortasi dan BTS: Tips Masuk ITS

Dalam sharing session tersebut, nara sumber lainnya M Aqshal Putra Pratama turut membagi tips agar bisa diterima di ITS.

“Aku dari kecil punya cita-cita dan mimpi untuk masuk ke Teknik Perkapalan. Maka, pas masuk ke Smamio aku sudah mulai merancang step-step apa yang akan aku lakukan buat bisa meraih cita-cita itu,” ujarnya berbagi.

Aqshal termasuk salah satu siswa berprestasi Smamio yang sering mengikuti perlombaan robotika, baik di dalam maupun luar negeri. “Sering-seringlah mengikuti lomba karena prestasi itu bisa membantu kalian bisa masuk ke perguruan tinggi negeri,” pesan dia.

 

Acara Fortasi Smamio dilanjut penampilan IC Musik Smamio. Suasana menjadi fresh dan membuat ruang Zoom saat itu ramai. Para peserta Fortasi mengapreasiasi performance dari tiga band IC musik Smamio. Bahkan beberapa siswa baru tersebut mendaftar sebagai drumer.

Wawasan IPM

Tak kalah pentingnya, Ketua IPM Smamio terpilh Farrel Adira Putra, memberikan wawasan tentang organisasi IPM. “Jika di sekolah lain adek-adek mengenal OSIS, maka disini saya akan menjelaskan tentang IPM cabang GKB,” terang siswa kelas XII MIA 1 tersebut.

IPM Smamio, kata Farrel, merupakan wadah para siswa Smamio untuk berkembang dan berekspresi yang baik.  “Di IPM Smamio sendiri memiliki tujuh bidang, yakni Perkaderan, Kajian Dakwah Islam(KDI), Pengkajian Ilmu Pengetahuan (PIP), dan Asosiasi Seni, Budaya, dan Olahraga (ASBO). Ada juga Pengembangan Kreativitas dan Kewirausahaan (PKK), Ipmawati, dan Advokasi,” jelasnya.

Perkaderan, lanjutnya, fokus mengkader para anggota IPM untuk ke depannya. Sementara KDI fokus untuk pengembangan ilmu keimanan dan ketakwaan para siswa. Untuk PIP bergerak di bidang keilmuan, sedangkan ASBO menyasar bidang olahraga dan seni budaya.

Untuk PKK ada di bidang bisnis dan kewirausahaan, sementara Ipmawati pada keputrian. Lalu advokasi bergerak di bidang pembelalaan hak-hak para siswa Smamio. “Masuk organisasi IPM adalah langkah awal yang baik untuk berubah dan meraih kesuksesan. Jadi tunggu apa lagi, saya tunggu di IPM Smamio,” ajak Farrel.

Fortasi dan BTS

Selain kegiatan Fortasi untuk kelas X, Smamio juga memiliki agenda untuk kelas XI dan XII yang disebut dengan Back to School (BTS). Pemandu acara BTS Novania Wulandari mempersilakan masing-masing bidang, yakni PP (Pengembangan Pendidikan), Kesiswaan, dan PPK (Pengembangan Pendidikan Karakter), untuk mempresentasikan rencana kegiatan belajar pada tahun ajaran 2021-2022.

 

Waka PP Smamio Ulyatun Nikmah SPd mengatakan, pada tahun ajaran baru ini, Smamio telah menyiapkan layanan pendidikan yang representatif untuk membekali siswa dibidang akademik. “Juga pada pemantapan Al Islam dan karakter serta pengembangan bakat dan minat siswa,” jelasnya.

Di awal semester ganjil ini, lanjut dia, Smamio menerapkan sistem blended learning (perpaduan daring dan luring) dengan ditunjang akses e-learning dan e-library. Sehingga siswa tetap memperoleh materi belajar dengan mudah.

“Orangtua tetap bisa menjalin komunikasi dengan sekolah di manapun berada untuk memantau perkembangan belajar siswa. Selamat mengawali hari dengan semangat meraih cita cita bersama kami,” paparnya.

Inspiration Class

Di bidang kesiswaan, Fitri Andriyani MPd mengenalkan macam-macam insipration class, ekstrakurikuler, serta kegiatan di kesiswaan lainnya. Dia juga mengajak siswa-siswi Smamio untuk mengikutinya. Wali kelas pada tahun pelajaran 2021/2022 juga diperkenalkan dan langsung menyapa melalui Zoom Cloud Meeting.

“Untuk siswa kelas XII silahkan ditingkatkan kompetensinya untuk bisa mengikuti UTBK dan dikelola waktunya dengan baik. Per jam dulu tidak apa-apa. Di awal mungkin berat tapi untuk selanjutnya kalian akan terbiasa,” tutur Fitri.

Sementara itu, Waka Ismuba Smamio Sa’roni MPd mengingatkan, agar pembiasaan yang telah diajarkan di sekolah bisa diterapkan di rumah. “Lakukan shalat secara berjamaah bersama dengan kakaknya,” imbuhnya.

Roni juga mengingatkan kembali tentang pembiasaan shalat dhuha, murajaah al-Quran, dan bersedekah. “Kalian bisa menyalurkan infak dan sedekah melalui transfer ke rekening Lazismu,” ajaknya.

Di akhir sesi Roni menjelaskan manfaat filantropi yang telah mereka lakukan selama ini. Kegiatan tersebut telah membantu meringankan teman-teman lain di luar Smamio agar mereka bisa lanjut sekolah. (*)

Penulis Irma Sonya Suryana. Co-Editor Darul Setiawan. Editor Mohammad Nurfatoni.

https://pwmu.co/199690/07/13/ada-tips-masuk-its-di-bts-smamio/

Categories:

Tags:

Comments are closed

December 2021
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
Hubungi Kami:
Alamat:
SMA Muhammadiyah 10 GKB
Jl. Raya Mutiara No 95 PPS

Telp./Fax: 031-99006210
Email : smamiogkb@gmail.com
Link Terkait





ARCHIVES
Calender
December 2021
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
Video Profil
WISUDA 1 SMAMIO

IPM SMAMIO
Peta