Dokter Farhan Zubedi saat memberikan materi di Guest Teacher Fortasi Smamio. Tips Sukses ala dr Farhan Zubedi (Novania W/PWMU.CO)

PWMU.CO – Tips Sukses ala dr Farhan Zubedi. Dia menyampaikan itu dalam acara Guest Teacher di sesi akhir Forum Taaruf Siswa (Fortasi), Jumat (16/7/21).

Fortasi digelar secara online oleh Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik (PR IPM Smamio) lewat Zoom Clouds Meeting.

Nama dr Farhan Zubedi—nama aslinya: dr Farhan Mari Isa—viral di platform TikTok karena kontennya seputar kesehatan yang dikemas secara menarik. Kehadirannya secara daring mengundang antusiasme siswa Smamio.

Dokter yang kerap disapa Farhan ini memberikan tips belajar yang efektif kepada siswa Smamio saat pembelajaran di masa pandemi ini.

“Kalau aku dulu pas belajar di kedokteran, tips aku buat belajar yang pertama pasti harus bisa menghafal. Tapi selain dihafalkan, aku juga harus bisa memahami dan mengerti setiap detil dari materi itu,” ungkapnya.

Namun, sambungnya, hal yang paling penting selain menghafal dan mengerti adalah berlatih. Berlatih soal sebanyak mungkin.

“Mau itu nanti gagal, mau berhasil pokoknya itu harus dilakukan aja dulu. Karena kalau kita berlatih soal, kita akan tahu kelemahan kita di mana. Akhirnya kita bakal nyari tahu dengan cara cari di buku atau bertanya ke teman sampai kita bisa dan mahir,” jelas dokter pemilik akun TikTok @Farhanzubedi ini.

Interaksi yang

Tak ingin melewatkan kesempatan, Sabrina Anwariah, siswa kelas XI MIA, mengajukan pertanyaan kepadanya. Dia menanyakan perihal pengaruh terlalu banyak aktivitas yang dilakukan seseorang yang masih terlalu muda terhadap perkembangannya.

Dokter Farhan pun tersenyum sembari menjawab: “Kita pasti sering mendengar bahwa masa muda harus dinikmati. Pernyataan tersebut tidak salah, namun menurut aku lakukan kesalahan sebanyak mungkin saat masih muda, artinya jangan takut untuk gagal.”

Ia melanjutkan, “Semakin banyak pengalaman Kamu ketika kamu masih muda, itu akan semakin membentukmu menjadi dewasa sehingga kamu lebih siap untuk menjalani hidup kamu.”

Jadi, sambungnya, kalau dibilang banyak aktivitas saat muda akan merenggut kebebasan dan perkembangan kamu, itu engga kok. Cause life is full of surprises. “Ketika kamu menjalani hidup, akan banyak banget hal baru yang bermunculan dan justru akan jadi pelajaran yang bermanfaat untuk kita,” ujarnya.

Dokter kelahiran Kota Medan ini pun memberikan pesan agar siswa Smamio tidak membatasi diri. “Kalau Kalian merasa ada satu hal yang memang harus Kalian lakukan seperti pekerjaan yang menutut kamu di ke depannya bakal Kalian tuai nih, ya silakan. Do it!” urainya.

Di akhir acara, Nabila Eka dan Faisa Azarine Sabikah—dua siswa Smamio yang menjadi pembawa acara—meminta Farhan untuk memberi kalmta motivasi agar terus semangat belajar untuk menggapai cita-cita.

It’s been my pleasure, of course. Satu hal yang ingin aku bilang kepada Kalian adalah apa yang Kalian tanam sekarang, seberat apapun itu percayalah hasilnya akan kalian petik nanti,” ujarnya

“Fokus terus akan hal itu, berikan 100 persen energi untuk apa yang ingin kalian capai. Live your moment and enjoy it,” imbuh dokter yang juga mantan finalis Indonesian Idol itu.. (*)

Kontributor Novania Wulandari Editor Mohammad Nurfatoni

https://pwmu.co/200415/07/17/tips-sukses-ala-dr-farhan-zubedi/

Categories:

Tags:

Comments are closed

October 2021
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Hubungi Kami:
Alamat:
SMA Muhammadiyah 10 GKB
Jl. Raya Mutiara No 95 PPS

Telp./Fax: 031-99006210
Email : smamiogkb@gmail.com
Link Terkait





ARCHIVES
Calender
October 2021
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Video Profil
WISUDA 1 SMAMIO

IPM SMAMIO
Peta